KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah
memberikan berlimpah nikmat berupa kesehatan jasmani maupun rohani kepada Kami
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini sampai selesai. Sholawat dan
salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi akhir zaman Muhammad SAW.
Kami menyadari tersusunnya makalah ini bukanlah semata-mata hasil
jerih payah kami sendiri, melainkan berkat bantuan berbagai pihak. Untuk itu,
Kami menghaturkan ucapan terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu Kami dalam penyusunan makalah ini.
Semoga Allah SWT memberikan pahala yang setimpal dan menjadikan amal
sholeh bagi semua pihak yang telah turut berpartisipasi dalam penyelesaian
makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amiin Ya Rabbal’alamin.
Muara Bulian, Oktober 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.................................................................................. 1
B. Rumusan
Masalah............................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Daya Pembeda................................................................................... 3
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan......................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Evaluasi
pembelajaran adalah sistem. Artinya suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan
berbagai unsur sebagai satu kesatuan. Masing-masing unsur mempunyai fungsi dan
peran tersendiri dan perubahan dalam salah satu unsur akan berpengaruh pada
unsur yang lainnya. Dalam dunia pendidikan, evaluasi merupakan suatu kegiatan
yang tak terpisahkan dan sama pentingnya dengan proses pembelajaran.
Pembelajaran
tanpa kegiatan evaluasi akan kehilangan makna. Sebab guru tidak akan memperoleh
informasi penting tentang tingkat pencapaian tujuan, tingkat penguasaan materi
belajar, kekuatan, kelemahan siswa dalam belajar, serta kekuatan-kelemahan guru
dalam proses pembelajaran yang dikembangkan. Walaupun evaluasi dianggap penting
dan sudah merupakan pekerjaan rutin guru, namun dalam kenyataan sehari-hari di
lapangan sistem evaluasi dalam pembelajaran bukan berarti tanpa persoalan.
Berdasar pengamatan sepintas di lapangan, beberapa persoalan tersebut paling
tidak berkaitan dengan pemahaman konsep dasar evaluasi, pelaksanaan dan
pemanfaatannya, serta evaluasi program pengajaran.
Dalam
proses pembelajaran ada tiga komponen utama yang merupakan satu kesatuan, yaitu
tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar.
Masing-masing komponen dalam proses pembelajaran tersebut saling bergantung.
Oleh karena itu ketiga komponen harus senantiasa sesuai satu sama lainnya.
Dalam
melakukan evaluasi terhadap alat pengukur yang telah digunakan untuk mengukur
keberhasilan belajar dari para peserta didiknya (muridnya, siswa, mahasiswa dan
lain-lain). Alat pengukur dimaksud adalah tes hasil belajar, yang sebagai mana
telah kita maklumi, batang tubuhnya terdiri dari kumpulan butir-butir soal
(=item, tes). Dalam aplikasinya mempunyai fungsi dan peranan yang sangat
penting dalam hal untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapai.
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan yaitu
bagaimana memahami tentang daya pembeda dan pemberian skor dan sistem penilaian
serta teknik pengelolahan skor hasil belajar
BAB II
PEMBAHASAN
A. Daya Pembeda
Daya
pembeda (DP) dari sebuah soal menyatakan seberapa jauh kemampuan butir soal
tersebut untuk membedakan antara test yang mengetahui jawaban yang benar dari
soal tersebut dengan test yang tidak mengetahui jawaban yang benar dari soal
tersebut atau dengan kata lain daya pembeda dapat membedakan antara testi yang
kurang pintar dan testi yang pintar. Pengertian ini didasarkan pada asumsi dari
Galton yang menyatakan bahwa perangkat alat test yang baik haruslah dapat
membedakan antara siswa yang pandai, menengah (rata-rata), dan yang kurang
pandai, karena dalam kelas siswa biasanya terdiri dari ketiga kategori
tersebut.
Daya
pembeda suatu butir soal dinyatakan dengan indeks diskriminasi yang bernilai antara
-1.00 s.d 1.00. Dengan ketentuan bila indeks diskriminasi mendekati 1.00, maka
daya pembeda soal tersebut semakin baik, dan apabila indeks diskriminasi
mendekati 0.00, maka daya pembeda soal semakin jelek. Dan bila indeks
diskriminasi bernilai negatif, maka kelompok siswa kurang pandai dapat menjawab
soal tersebut dengan benar dan banyak siswa pandai yang menjawab salah.
Kemudian soal yang mempunyai derajat pembeda 0.00 mempunyai arti bahwa soal
tersebut tidak mempunyai daya pembeda, atau dengan kata lain soal tersebut
tidak dapat member informasi kepada kita siswa mana yang termasuk pandai,
menengah dan kurang pandai.
Rumus
untuk menentukan daya pembeda soal objektif (PG) adalah sebagai berikut:
DP =
atau DP
= 


Dengan : DP
: Daya Pembeda
JBA
: Jumlah benar kelompok atas
JBB : Jumlah benar kelompok bawah
JSA : Jumlah siswa kelompok atas
JSB : Jumlah siswa kelompok bawah
Sedangkan untuk soal subjektif (uraian) adalah
DP = 

Dengan : DP
: Daya Pembeda
XBA : Jumlah skor untuk kelompok atas
XBB
: Jumlah skor untuk kelompok bawah
SMI : Skor maksimal ideal
JSA : Jumlah siswa kelompok atas
Klasifikasi interpretasi untuk daya pembeda
yang umumnya digunakan adalah
DP≤0.00 : sangat jelek
0.00<DP≤0.20
: jelek
0.20<DP≤0.40 : cukup
0.40<DP≤0.70 : baik
0.70<DP≤1.00 : sangat baik
Sebelum
menghitung daya pembeda, terlebih dahulu kita harus mengurutkan skor dari yang
tertinggi sampai yang terendah. Setelah itu kita akan membagi kelas tersebut
menjadi 3 kelas, yakni kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Karena
jumlah testi yang diambil lebih dari 30 orang, maka untuk menentukan jumlah
siswa kelompok atas dan kelompok bawah masing-masing diambil 27% dari jumlah testi
(subjek). Pada laporan ini terdapat testi sebanyak testi sebanyak 43 orang,
sehingga kami menempatkan 12 orang siswa di kelompok atas dan 12 orang di
kelompok bawah.
·
Daya Pembeda tes objektif (PG)
Skor terurut hasil tes pilihan ganda siswa
kelompok atas dan kelompok bawah
Kelompok atas
Subjek
|
Nomor soal
|
Total
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
19
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
16
|
3
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
16
|
10
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
16
|
4
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
15
|
11
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
15
|
29
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
14
|
6
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
13
|
7
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
13
|
18
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
13
|
5
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
12
|
17
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
12
|
Kelompok bawah
Subjek
|
Nomor soal
|
Total
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
40
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
43
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
8
|
15
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
7
|
25
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
7
|
27
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
33
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
34
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
36
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
38
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
7
|
41
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
7
|
20
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
6
|
39
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
Berdasarkan tabel di atas diperoleh DP untuk tes objektif (PG)
sebagai berikut:
Untuk soal nomor 1,
didapat bahwa JBA = 9 dan JBB = 5, maka daya pembeda untuk butir soal nomor 1
adalah : DP =
.
Karena derajat pembeda (DP) untuk soal nomor 1 bernilai 0.33, maka soal
tersebut masuk ke dalam kategori cukup. Dengan cara yang sama kita dapat memperoleh derajat
pembeda dari setiap butir soal. Berikut
tabel derajat pembeda untuk tes objektif (PG).

Nomor soal
|
JBA
|
JBB
|
Daya Pembeda (DP)
|
Klasifikasi
|
1
|
9
|
5
|
0.33
|
Cukup
|
2
|
12
|
11
|
0.08
|
Jelek
|
3
|
12
|
8
|
0.33
|
Cukup
|
4
|
9
|
1
|
0.67
|
Baik
|
5
|
11
|
9
|
0.17
|
Jelek
|
6
|
10
|
5
|
0.42
|
Baik
|
7
|
6
|
2
|
0.33
|
Jelek
|
8
|
11
|
4
|
0.58
|
Baik
|
9
|
12
|
2
|
0.83
|
Sangat Baik
|
10
|
9
|
4
|
0.42
|
Baik
|
11
|
3
|
3
|
0.00
|
Sangat Jelek
|
12
|
10
|
1
|
0.75
|
Sangat Baik
|
13
|
12
|
10
|
0.17
|
Jelek
|
14
|
6
|
2
|
0.33
|
Cukup
|
15
|
9
|
1
|
0.67
|
Baik
|
16
|
3
|
0
|
0.25
|
Cukup
|
17
|
9
|
6
|
0.25
|
Cukup
|
18
|
11
|
9
|
0.17
|
Jelek
|
19
|
7
|
0
|
0.58
|
Baik
|
20
|
3
|
0
|
0.25
|
Cukup
|
·
Daya pembeda butir soal subjektif (uraian)
Skor terurut hasil tes uraian siswa kelompok atas dan kelompok
bawah
Kelompok atas
Subjek
|
Nomor soal
|
Total
|
|||||
1.a
|
1.b
|
1.c
|
2.a
|
2.b
|
2.c
|
||
1
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
3
|
15
|
2
|
2
|
0
|
4
|
2
|
2
|
3
|
13
|
3
|
1
|
1
|
4
|
2
|
2
|
3
|
13
|
4
|
2
|
0
|
4
|
2
|
2
|
3
|
13
|
5
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
3
|
12
|
8
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
3
|
12
|
15
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
3
|
12
|
9
|
2
|
2
|
0
|
2
|
2
|
3
|
11
|
16
|
2
|
2
|
0
|
2
|
2
|
3
|
11
|
20
|
2
|
1
|
3
|
1
|
1
|
3
|
11
|
14
|
2
|
1.5
|
0
|
2
|
2
|
3
|
10.5
|
13
|
1
|
2
|
0
|
2
|
2
|
3
|
10
|
Kelompok bawah
Subjek
|
Nomor soal
|
Total
|
|||||
1.a
|
1.b
|
1.c
|
2.a
|
2.b
|
2.c
|
||
39
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
2
|
5
|
31
|
2
|
2
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4
|
35
|
2
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
4
|
38
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
4
|
28
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
3
|
41
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0.5
|
0
|
2.5
|
37
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1.5
|
0
|
2.5
|
32
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
40
|
2
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2
|
29
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
43
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
42
|
0.5
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0.5
|
Berdasarkan tabel di atas, diperoleh DP untuk soal subjektif
(uraian) sebagai berikut :
Untuk soal nomor 1.a,
didapat bahwa XBA = 22, XBB = 13.5, dan SMI = 2, maka daya pembeda untuk butir
soal nomor 1.a adalah : DP =
. Karena derajat pembeda (DP) untuk soal nomor
1.a bernilai 0.35, maka soal tersebut masuk ke dalam kategori cukup. Dengan
cara yang sama kita dapat memperoleh derajat pembeda dari setiap butir soal tes
subjektif. Berikut tabel derajat pembeda untuk tes subjektif (uraian).

Nomor soal
|
XBA
|
XBB
|
SMI
|
Daya Pembeda (DP)
|
Klasifikasi
|
1.a
|
22
|
13.5
|
2
|
0.35
|
Cukup
|
1.b
|
17.5
|
2
|
2
|
0.65
|
Baik
|
1.c
|
22
|
1
|
4
|
0.44
|
Baik
|
2.a
|
23
|
5
|
2
|
0.75
|
Baik
|
2.b
|
23
|
7
|
2
|
0.67
|
Baik
|
2.c
|
36
|
3
|
3
|
0.92
|
Sangat Baik
|
Sebelum membahas pengelolaan skor kita buat perumpamaan terlebih dahulu.
Terdapat 60 item soal pilihan ganda pelajaran bahasa Arab, tiap item yang benar
berbobot 1. Skor mentah yang diperoleh 20 siswa adalah 32, 36, 27, 50, 22, 34,
35, 37, 43, 17, 21, 42, 46, 32, 31, 28, 57, 57, 54, 51.
Prosedur yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:
a. Mencari skor ideal, yaitu skor yang
mungkin dicapai jika semua item dapat dijawab dengan benar. Skor ideal
diperoleh dengan jalan menghitung jumlah item yang diberikan serta bobot dari
tiap-tiap item.
Dari contoh diatas diketahui skor idealnya adalah 60
b. Mencari rata-rata ideal (id) dengan
rumus:
= ½ x skor ideal =
½ x 60
= 30
c. Mencari deviasi (SD) ideal dengan cara:
SD = 1/3 x SD = 1/3 x 30 =
10
d. Menyusun kebutuhan konversi sesuai
dengan yang dibutuhkan.
Adapun
pedoman konversi dengan adalah:
+ 1,5 (SD)
= 30 + 1,5 x 10 = 45 = A
+ 0,5 (SD)
= 30 + 0,5 x 10 = 35 = B
- 0,5
(SD) = 30 - 0,5 x 10 =
25 = C
- 1,5
(SD) = 30 - 1,5 x 10 =
15 = D
Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa siswa yang
mendapat skor 45 – 60 mendapat nilai A, 35 – 44 = B, 25 – 34 = C, 15 – 24 = D,
0 – 14 = E.
Pemberian nilai dengan menggunakan huruf disesuaikan
dengan huruf yang terdapat dalam urutan abjad. Huruf tidak hanya menunjukkan
kuantitas, tetapi dapat juga digunakan sebagai simbol untuk menggambar
kualitas.
skoangka
|
Nilai huruf
|
predikat
|
50
37
33
22
5
|
A
B
C
D
E
|
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat
kurang
|
Untuk mengubah skor mentah menjadi skor terjabar
dalam skala 1 – 10 dapat digunakan ketentuan-ketentuan berikut:
+ 2,25
(SD) = 10 = 30 + 2,25 x 10 = 53 = 10
+ 1,75
(SD) = 9 = 30 + 1,75 x 10 = 48 = 9
+ 1,25
(SD) = 8 = 30 + 1,25 x 10 = 43 = 8
+ 0,75
(SD) = 7 = 30 + 0,75 x 10 = 38 = 7
+ 0,25
(SD) = 6 = 30 + 0,25 x 10 = 33 = 6
- 0,25 (SD) = 5 = 30 -
0,25 x 10 = 28 = 5
- 0,75 (SD) = 4 = 30 -
0,75 x 10 = 23 = 4
- 1,25 (SD) = 3 = 30 -
1,25 x 10 = 18 = 3
- 1,75 (SD) = 2 = 30 -
1,75 x 10 = 13 = 2
- 2,25 (SD) = 1 = 30 -
2,25 x 10 = 8 = 1
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
siswa yang mendapat skor 53 – 60 mendapat nilai 10, 48 – 52 = 9, 43 – 47 = 8,
38 – 42 = 7, 33 – 37 = 6, 28 – 32 = 5, 23 – 27 = 4, 18 – 22 = 3, 13 – 17 = 2, 8
– 12 = 1, dan skor dibawahnya 0.
Bila kita
ingin agar skala tersebut lebih halus yakni ada nilai diantara nilai-nilai
tersebut, seperti 9,5; 8,5; 7,5 dan seterusnya, kita bisa memperkecil jarak
antar skala-skala itu. Diantara 2,25 (SD) dan 1,75 (SD) dapat ditempatkan 2,00
(SD) yang ekuivalen dengan nilai 9,5. Diantara 1,75 (SD) dan 1,25 (SD) dapat
ditempatkan 1,50 (SD) yang ekuivalen dengan nilai 8,5 dan begitu seterusnya.
Pengolahan
skor mentah menjadi skor Z ini sering kali dirasakan perlunya karena dengan
hanya melihat skor mentah saja kita belum dapat memberikan tafsiran yang baik
dan tepat. Dengan menggunakan rata-rata
dan SD kita dapat menjabarkan atau mengubah skor-skor yang diperoleh
menjadi skor Z
Penilaian
acuan norma menskor peserta didik dengan membandingkan hasil belajar satu
peserta dengan hasil peserta lainnya dalam satu kelompok kelas. Contoh
diketahui 20 siswa mengikuti ujian akhir semester mata pelajaran bahasa Arab
memperoleh skor mentah sebagai berikut:
32, 36, 27, 50, 22,
34, 35, 37, 43, 17,
21, 42, 46, 32, 31,
28, 57, 57, 54, 51.
Penyelesaian nilai peserta didik dengan
pendekatan PAN:
1.
Menyusun skor
terkecil hingga terbesar
17, 21, 22, 27,
28,
31, 32, 32, 34,
35,
36, 37, 42, 43,
46,
50, 51, 54, 57,
57.
a.
Mencari
rentangan (range) yaitu skor terbesar dikurangi skor terkecil
57 – 17 = 40
b.
Mencari banyak
kelas interval
Banyak kelas = 1
+ (3,3) log n
=
1 + (3,3) log 20
=
1 + (3,3) (1,3010)
=
1 + 4,2933 = 5,2933
=
6 (dibulatkan)
c.
Mencari
interval kelas
Interval =
=
=
6,666 = 7 (dibulatkan)


d.
Menyusun
daftar distribusi frekuensi
Kelas interval
|
tabulasi
|
frekuensi
|
52 - 58
|
III
|
3
|
45 - 51
|
III
|
3
|
38 - 44
|
II
|
2
|
31 - 37
|
IIIIIII
|
7
|
24 - 30
|
II
|
2
|
17 - 23
|
III
|
3
|
Jumlah
|
20
|
2.
Menghitung rata-rata
actual
Interval kelas
|
Frekuensi (f)
|
Nilai tengah (Nt)
|
(f.Nt)
|
f.Nt2
|
52 – 58
|
3
|
55
|
165
|
9075
|
45 – 51
|
3
|
48
|
144
|
6912
|
38 – 44
|
2
|
41
|
82
|
3362
|
31 – 37
|
7
|
34
|
238
|
8092
|
24 – 30
|
2
|
27
|
54
|
1458
|
17 – 23
|
3
|
20
|
60
|
1200
|
Jumlah
|
743
|
30099
|
3.
Menyusun
pedoman konversi
Pedoman konversi yang digunakan sama dengan PAP, hanya
berbeda pada penghitungan rata-rata () dan simpangan baku (SD).
BAB III
Daya pembeda (DP) dari sebuah soal menyatakan seberapa jauh kemampuan butir
soal tersebut untuk membedakan antara test yang mengetahui jawaban yang benar
dari soal tersebut dengan test yang tidak mengetahui jawaban yang benar dari
soal tersebut atau dengan kata lain daya pembeda dapat membedakan antara testi
yang kurang pintar dan testi yang pintar. Pengertian ini didasarkan pada asumsi
dari Galton yang menyatakan bahwa perangkat alat test yang baik haruslah dapat
membedakan antara siswa yang pandai, menengah (rata-rata), dan yang kurang
pandai, karena dalam kelas siswa biasanya terdiri dari ketiga kategori
tersebut.
1. Teknik Pengolahan Data Hasil Evaluasi dengan cara diantaranya
sebagai berikut:
a.
Mengolah skor
mentah menjadi nilai huruf
b.
Mengolah skor
mentah menjadi skor standart 1-10
c.
Mengolah skor
mentah menjadi skor standart Z dan T
2. Pedoman konversi yang digunakan PAP dan PAN sama, hanya
berbeda pada penghitungan rata-rata () dan simpangan baku (SD).
3. Dalam memberikan peringkat siswa, menggunakan prosedur
z-score akan lebih evektif dan jauh dari kemungkinan terjadinya ketidak adilan
dibandingkan dengan memberikan peringkat dengan menjumlah skor keseluruhan
saja.
Arifin, Zainal, 1991. Evaluasi Instruksional.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi
Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik
Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق