1. Jelaskan perbedaan antara lingkungan mikro dan lingkungan makro!
2. Menurut Anda, bagaimana sebaiknya perusahaan mengambil sikap terhadap dinamika lingkungan pemasaran yang mereka hadapi?
3. Apa hubungan antara marketing information system dengan customer insight? Jelaskan!
4. Sebutkan dan jelaskan secara singkat proses dari riset pemasaran!
Jawaban :
1. Perbedaan antara lingkungan mikro dan lingkungan makro adalah: Ekonomi mikro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari hanya pada bagian kecilnya, yang terdiri dari pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya, yaitu: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat. Sedangkan Ekonomi makro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari secara keseluruhan, yang terdiri dari kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro, yaitu: kekuatan demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya. Pertama-tama kita akan melihat lingkungan mikro perusahaan.
2. Menurut saya, perusahaan sebaiknya harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, pihak lain di dalam perusahaan serta mitra eksternal. Apabila perusahaan ingin berhasil maka perusahaan harus mengetahui pentingnya melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, dan didalam perusahaan, pemasar harus menjadi pelacak trend dan pencari peluang karena baik konsumen maupun pemasar pasti bertanya-tanya apa yang akan terjadi di masa akan datang. Dengan mempelajari lingkungan secara seksama, pemasar dapat menyesuaikan strategi mereka untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
3. Untuk menghasilkan nilai dan kepuasan pelanggan yang tinggi, perusahaan memerlukan informasi pada hampir setiap langkahnya, untuk itulah perusahaan memerlukan system informasi pemasaran (marketing informasi system-MIS) karena MIS merupakan peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang diperlukan yang dioperasikan oleh orang-orang yang berpengalaman tentang MIS. Dengan menggunakan MIS mampu menilai kebutuhan informasi, mengembangkan informasi yang dibutuhkan, dan MIS membantu penggunaan analisis informasi untuk menempatkannya dalam bentuk yang tepat sehingga dapat membuat keputusan pemasaran dan mengelolah hubungan dengan pelanggan, serta MIS mendistribusikan informasi pemasaran dan membantu para manajer menggunakannya dalam pengambilan keputusan mereka.
4. Proses dari Riset Pemasaran yaitu: mengumpulkan informasi tentang lingkungan pemasaran, menghabiskan lebih banyak waktu dalam lingkungan pelanggan dan pesaing untuk mempelajari lingkungan secara seksama, serta menyesuaikan strategi pemasar untuk memenuhi tantangan dan peluang pasara yang baru.
2. Menurut Anda, bagaimana sebaiknya perusahaan mengambil sikap terhadap dinamika lingkungan pemasaran yang mereka hadapi?
3. Apa hubungan antara marketing information system dengan customer insight? Jelaskan!
4. Sebutkan dan jelaskan secara singkat proses dari riset pemasaran!
Jawaban :
1. Perbedaan antara lingkungan mikro dan lingkungan makro adalah: Ekonomi mikro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari hanya pada bagian kecilnya, yang terdiri dari pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya, yaitu: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat. Sedangkan Ekonomi makro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari secara keseluruhan, yang terdiri dari kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro, yaitu: kekuatan demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya. Pertama-tama kita akan melihat lingkungan mikro perusahaan.
2. Menurut saya, perusahaan sebaiknya harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, pihak lain di dalam perusahaan serta mitra eksternal. Apabila perusahaan ingin berhasil maka perusahaan harus mengetahui pentingnya melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, dan didalam perusahaan, pemasar harus menjadi pelacak trend dan pencari peluang karena baik konsumen maupun pemasar pasti bertanya-tanya apa yang akan terjadi di masa akan datang. Dengan mempelajari lingkungan secara seksama, pemasar dapat menyesuaikan strategi mereka untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
3. Untuk menghasilkan nilai dan kepuasan pelanggan yang tinggi, perusahaan memerlukan informasi pada hampir setiap langkahnya, untuk itulah perusahaan memerlukan system informasi pemasaran (marketing informasi system-MIS) karena MIS merupakan peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang diperlukan yang dioperasikan oleh orang-orang yang berpengalaman tentang MIS. Dengan menggunakan MIS mampu menilai kebutuhan informasi, mengembangkan informasi yang dibutuhkan, dan MIS membantu penggunaan analisis informasi untuk menempatkannya dalam bentuk yang tepat sehingga dapat membuat keputusan pemasaran dan mengelolah hubungan dengan pelanggan, serta MIS mendistribusikan informasi pemasaran dan membantu para manajer menggunakannya dalam pengambilan keputusan mereka.
4. Proses dari Riset Pemasaran yaitu: mengumpulkan informasi tentang lingkungan pemasaran, menghabiskan lebih banyak waktu dalam lingkungan pelanggan dan pesaing untuk mempelajari lingkungan secara seksama, serta menyesuaikan strategi pemasar untuk memenuhi tantangan dan peluang pasara yang baru.
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق